Gawat, Es Di Antartika Telah Tercerai-berai

Gawat, Es Di Antartika Telah Tercerai-beraiJakarta - Potongan es berukuran besar terbelah di semenanjung Antartika. Kejadian itu dikhawatirkan akan membesar dan wilayah Antartika akan tercerai-berai pada pekan-pekan mendatang.
Selama seabad Wilkins Ice Shelf tercatat selalu stabil. Wilayah ini mulai terancam pada 1990-an. Peneliti menyebut wilayah itu merupakan penghubung antara Pulau Charcot dengan wilayah utama Antartika. Namun penghubung 127 mil persegi itu kehilangan bagian terbesarnya tahun lalu, dan tercera-berai secara penuh pada 5 April lalu. "Sebagai akibatnya, retakan yang sudah ada menjadi makin lebar," kata European Space Agency.
Potongan es terbelah pada Jumat (1/ 5) dan sejak itu, 270 mil persegi es telah jatuh ke laut menurut data satelit. "Ini jelas hasil dari pemanasan atmosfer," kata David Vaughan dari British Antarctic Survey.
Terpecahnya Antartika tidak meningkatkan tinggi permukaan laut, karena es mengambang di lautan. Namun permukaan pantai es biasanya menahan glasier dan jika runtuh maka akan makin mudah es masuk ke laut dan bisa menaikan permukaan laut. (inilah)



Ingin mendapat Berita seperti ini langsung ke Email anda?
Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan Berita Tekno!

Postkan Komentar
Checklist Tombol 'Post to Facebook' Untuk Mendapatkan Balasan Komentar Anda!