Asyik, Harga Laptop Android Rp 2, 5 Juta

berita teknologi Jakarta - Netbook pertama yang menjalankan sistem operasi Google Android segera masuk pasar.
Netbook ini akan dijual dengan harga terjangkau Rp 2, 5 juta. Alpha 680, begitulah laptop itu disebut sedang melalui uji coba terakhir di Guangzhou Skytone Transmission Technologies.
Netbook ini akan tersedia dalam tiga bulan mendatang.
Co-founder Skytone, Nixon White seperti dikutip dari ComputerWorld mengatakan netbook itu menggunakan CPU 533 MHz ARM 11 dan memiliki layar LCD 7 inci. Selain itu juga terdapat keyboard, touchpad dan built-in Wi-Fi.
Kekurangan netbook Alpha 680 adalah baterai 2 sel hanya bisa bertahan selama 2 hingga 4 jam selancar di internet. Jauh lebih rendah dari yang direncanakan agar mampu bertahan 12 jam.
Android yang merupakan turunan sistem operasi Linux, aslinya didesain untuk ponsel. Namun sistem operasi open-source itu bisa digunakan di
perangkat lain, semacam laptop murah yang disebut netbook.
Firma riset Ovum baru-baru ini menghitung netbook yang diperkuat Android akan meningkat tajam di 2009. Vendor diperkirakan akan berusaha membuat hargnya sekitar US$ 200 atau lebih murah.
Perusahaan besar Hewlett- Packard juga dilaporkan mempertimbangkan akan menggunakan Android di netbook murahnya, meskipun eksekutifnya menolak menjabarkan masalah itu. Sementara Asustek Computer juga mempertimbangkan menggunakan Android. Software berbasis Linux menarik karena free.
Sebaliknya Microsoft menarik lisensi untuk sistem operasi Windows. Untuk mendapatkan
keuntungan biaya, vendor harus memotong biaya apapun, dan berarti akan mengancam sistem operasi Microsoft Windows. (inilah)

Ingin mendapat Berita seperti ini langsung ke Email anda?
Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan Berita Tekno!

Postkan Komentar
Checklist Tombol 'Post to Facebook' Untuk Mendapatkan Balasan Komentar Anda!