Asteroid Mendekat, Bumi Bisa Hancur Pada 2029

Jakarta - Asteroid raksasa Apophis akan menuju bumi pada April 2029. Jika jatuh ke bumi, asteroid ini bisa menimbulkan malapetaka besar, bahkan kehancuran global.

Astronomer masih sulit mengetahui ancaman terbesar dari Apophis. Asteroid ini orbitnya akan dibelokkan oleh daya tarik bumi pada 2029.

Pada 2029, asteroid itu
diperkirakan akan terlihat dengan mata telanjang di malam hari. Apophis yang ditemukan pada 2004, memiliki ukuran 210 hingga 330 meter atau 690 atau
1080 kaki.

Sebagai perbandingan, asteroid yang memusnahkan dinosaurus 50 juta tahun lalu berukuran 6, 2 mil.

Jatuhnya asteroid terakhir berdiameter besar 50 terjadi di Siberia pada 1908. Untungnya jatuh di derah yang tidak berpenghuni di wilayah Rusia. Runtuhan itu menyebabkan rusaknya wilayah sepanjang 800
mil persegi.

"Karena ukurannya lebih besar, kerusakan mungkin lebih besar," kata Nick Kaiser, ilmuwan di University of Hawaii.

Obyek seukuran setengah mil yang menabrak bumi bisa menyebabkan kehancuran global. Tapi hal seperti itu hanya terjadi sekali dalam satu juta tahun.

NASA menghitung, benda
seperti itu akan mendekati bumi selama 800 tahun. Ilmuwan mengira akan mendapat secara detail orbit Apophis pada 2013 hingga 2021, saat jaraknya 9 juta mil. Itu akan cukup dekat untuk diawasi dengan radar. (inilah)

Ingin mendapat Berita seperti ini langsung ke Email anda?
Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan Berita Tekno!

Postkan Komentar
Checklist Tombol 'Post to Facebook' Untuk Mendapatkan Balasan Komentar Anda!